Senin, 08 September 2008

Isu Tornado Ancol = Hoax

dsc_00150001.jpg

Belakangan ini banyak berita beredar di milis atau Yahoo Messenger tentang kecelakaan Wahana Tornado di Dunia Fantasi (DUFAN) Ancol – Jakarta. Saya pribadi sudah menerima berita tersebut berulang kali karena saya bergabung di beberapa milis. Berita tersebut sudah beredar sebulan lalu. Nah ini dia yang di dunia internet disebut HOAX. Hoax adalah berita bohong yang dibuat seolah-olah benar dan seringnya disertai beberapa alasannya atau bukti-bukti yang mendukung berita itu. Salah satu ciri khas yang biasanya adalah di akhir berita ada himbauan untuk menyebarkan berita tersebut kepada orang –orang terdekat.

Masih banyak contoh hoax yang menyebar via milis dan PM di YM ataupun MSN, seperti: 1. Isi hoax tersebut adalah bila Anda mengalami penodongan yang memaksa Anda harus mengambil uang di ATM, masukkan saja password ATM Anda secara terbalik (kalau nomor PIN anda 1234 masukkan 4321). Katanya dengan cara ini ATM akan segera mengirimkan sinyal permintaan bantuan (emergency signal) ke kantor polisi terdekat. 2. Ada pula yang memberitakan bahaya dalam menggunakan mouse optik.

Itu adalah sebagian contoh dari hoax. Isi berita sebuah hoax biasanya terkesan “baik” atau peduli terhadap sesama, tetapi di balik itu semua sebenarnya adalah berita palsu yang cenderung meresahkan, menyesatkan dan membodohi masyarakat.

Kalau boleh saya berpendapat kepada rekan-rekan pembaca untuk lebih berhati-hati dan tidak sembarangan ikut menyebarkan berita, cek dulu kebenarannya, lihat dahulu masuk akal atau tidak. Sebagai contoh untuk kasus kecelakaan yang diberitakan ada korban jatuh dan korbannya disuap pihak Dunia Fantasi untuk tidak menyebarkan berita tersebut. Untuk hal seperti itu ada baiknya kita berpikir dahulu dan gunakan logika. Mana mungkin hal itu bisa terjadi? Apakah para penonton yang bisa dipastikan jumlahnya banyak itu tidak melihat kejadian tersebut? Terkadang orang-orang tidak berpikir dahulu dalam bertindak, tanpa dicek kebenarannya langsung saja mengirimkan ulang email berisi hoax tersebut ke rekan-rekan bahkan seringkali dikirim ke milis. Maksud hati sih ingin memberi informasi, tetapi kalau itu hoax kan malah membuat resah masyarakat.

Mengenai berita kecelakaan TORNADO, itu pun sangat meresahkan dan membuat orang takut. Sehingga pihak Dufan pun sudah mengambil langkah-langkah klarifikasi. Saya baca beberapa hari lalu di detikom. Bisa dibaca disini:

1. Wahana Tornado Diisukan Jatuh, Dufan Lapor Mabes Polri 2. Buktikan Tornado Dufan Aman, Artis Jajal Jungkir Balik Demikian pendapat saya, semoga rekan-rekan dapat makin memahami lagi tentang apa itu hoax.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda